Kamis, 14 Maret 2013

ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan



KATA PENGANTAR
Segala puji syukur saya panjatkan kehadirot tuhan yang maha esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan kita tentang Ilmu Sosial Dasar .
Makalah ini dibuat dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu sosial Dasar dalam bidang pendidikan (softskil). Pemahaman tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan, dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak, sekaligus menambah wawasan bagi kita semua.
Makalah ini,  tentunya masih jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Terima kasih.
Depok,    oktober 2012

Irena armalia gicta


DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1              latar belakang
BAB 2 ISI
2.1       pengertian pendidikan umum
2.2       tujuan pendidikan umum
2.3       ISD sebagai pendidikan umum
·         Abstraksi
BAB 3 PENUTUP
3.1       kesimpulan
Daftar pustaka

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 latar belakang

Latar belakang diberikannya ISD adalah banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.
Ternyata sekarang masih dirasakan banyaknya tenaga ahli yang berpengetahuan keahlian khusus dan mendalam, sehingga wawasannya sempit. Padahal sumbangan pemikiran dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian kompleks.
Hal lain, sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang “elite” bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya dan Perguruan tinggi  seolah-olah menara gading yang banyak menghasilkan sarjana-sarjana “tukang” tidak mau dan peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.


BAB II ISI
            2.1 pengertian pendidikan umun
pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan mutlak bagi umat manusia. Oleh karena itu, tidaklah sekedar transfer ilmu pengetahuan (Transfer of Knowledge). Tujuan pendidikan sesungguhnya adalah untuk menciptakan pribadi yang memiliki sikap dan kepribadian  yang positif. Sikap dan kepribadian yang positif antara lain:
·     Memiliki dan bangga berkompetensi, yakni memiliki Ilmu pengetahuan
·     Bangga berdisiplin
·     Tahan mental menghadapi kesulitan hidup
·     Jujur dan dapat dipercaya (memiliki karakter yang baik dan integritas yang baik atau suka   bekerjasama dalam tim)
·     Memiliki pola pikir yang rasional dan ilmiah
·     Bangga bertanggung jawab
·     Terbiasa bekerja keras
·     Mengutamakan kepedulian terhadap sesamanya
·     Mengutamakan berdiskusi dari pada berdebat (Not conflict but Consensus)
·     Hormat pada aturan
·     Menghormati hak-hak orang lain
·     Memiliki moral dan etika yang baik
·     Mencintai pekerjaan
·     Suka menabung

 Pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan nasional. Melalui pendidikan yang banik, akan terlahir manusia - manusia yang akan mampu bersaing di era-Globalisasi bercirikan High Competition.

2.2 tujuan pendidikan umum
Adapun tujuan dari Pendidikan Umum yaitu :
·         Mengembangkan pola tingkah laku seseorang.
·         Berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah sosialekonomi dan politik.
·         Menyadarisaling ketergantungan.
·         Memahami fenomena lingkungan alam.
·         Memahami ide ide orang lain dan menyampaikan ide secara efektif
·         Menjaga emosi dan secara serasi dan memuaskan untuk keseimbangan dalam masyarakat
·         Memelihara dan meningkatkan kesehatan sendiri dan bekerja sama secara aktif dan cerdas dalam memecahkan masalah kesehatan masyarakat
·         Memahami dan menikmati kesusasteraan, seni lukis, musik, dan hasil budayaanlainnya.
·         Mencari dan mengenali ilmu pengetahua

2.3 ISD sebagai pendidika umum
            Isd dapat dikatagorikan pada pendidikan umum karena berhubungan dengan makna empiric yang berhubungan untuk membina indivindu untuk menjadi masyarakat dan warga Negara yang baik , untuk mempermudah pembelajarannya bisa menggunakan pendekatan struktual dimana satu bidang disiplin sebagai pusat kajiaannya karena proses perkuliahan lebih menekankan pemecahan masalah di samping penyampaian informasi,maka evaluasi yang dilakukan bukan hanya mengandalkan test tertulis bersifat kognitif melainkan dilakukan penilaian secara holistic terhadap perencanaan yang mengevaluasi aspek kepribadian dan seluruh aspek aktivitas mahasiswa .

·         ABSTRAKSI
pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan mutlak bagi umat manusia. Oleh karena itu, tidaklah sekedar transfer ilmu pengetahuan (Transfer of Knowledge). Tujuan pendidikan sesungguhnya adalah untuk menciptakan pribadi yang memiliki sikap dan kepribadian  yang positif.
Pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan nasional. Melalui pendidikan yang banik, akan terlahir manusia - manusia yang akan mampu bersaing di era-Globalisasi bercirikan High Competition. Adapun tujuan dari Pendidikan Umum yaitu :
·         Mengembangkan pola tingkah laku seseorang.
·         Berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah sosialekonomi dan politik.
·         Menyadarisaling ketergantungan.
·         Memahami fenomena lingkungan alam.
·         Memahami ide ide orang lain dan menyampaikan ide secara efektif
·         Menjaga emosi dan secara serasi dan memuaskan untuk keseimbangan dalam masyarakat
·         Memelihara dan meningkatkan kesehatan sendiri dan bekerja sama secara aktif dan cerdas dalam memecahkan masalah kesehatan masyarakat
·         Memahami dan menikmati kesusasteraan, seni lukis, musik, dan hasil budayaanlainnya.

BAB III PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Pendidikan umum muncul karena cepatnya perubahan kondisi kehidupan termasuk kemajuan teknologi yang menyebabkan rasa tidak aman dan nyaman serta munculnya masa mengambag (marjinal) dalam peradaban modern.oleh karena itu perlu adanya pendidikan bagi setiap orang untuk setiap level pembelajaran yang memberikan makna-makna asensial dalam bidang symbilik , empirick , estentik , pendidikan tersebut tidak lain adalah pendidikan umum

DAFTAR PUSTAKA

www.scribd.com/doc/77718957/ISBD-Dalam-Perspektif-Pendidikan-Umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar